Ersyaputry's Blog

14/02/2010

MINYAK ATSIRI KULIT JERUK UNTUK KESEJAHTERAAN

Filed under: BerIta Na ErSya — ersyaputry @ 7:45 am

Daya beli masyarakat terus meningkat, makanan sehat semakin dipentingkan, konsumsi jeruk produk lokal maupun impor juga ikut meningkat. Lalu kulit jeruk ikut menambah beban penumpukan sampah. Padahal, kulit jeruk menyimpan potensi ekonomi yang cukup berarti pada minyak atsiri yang dikandungnya.

Mizu Istianto dari Balai Penelitian Tanaman Buah Tropika, Solok mengemukakan, ekstraksi minyak atsiri dari kulit jeruk dapat dilakukan dengan cara yang sederhana dan mudah, yakni dengan cara penyulingan uap/air. Jadi masih dalam batas kemampuan usaha industri kecil/rumahan. Kulit jeruk yang menjadi limbah di perkotaan maupun industri pengolahan jeruk bisa dimanfaatkan untuk kesejahteraan rakyat kecil, bahkan pemulung. Minyak atsirinya cukup bernilai komersial tinggi, ampasnya bisa dijadikan kompos/pupuk organik.

Tentang prospek komersialnya untuk peningkatan kesejahteraan petani/usaha industri rumah tangga, diutarakan kecenderungan konsumen, terutama kalangan menengah ke atas, mengganderungi minyak atsiri dari kulit jeruk untuk keperluan kesehatan dan bahan pengharum.

Manfaat dan kegunaan minyak atsiri kulit jeruk luas sekali, sebagaimana minyak atsiri pada umumnya. Selain sebagai pengharum ruangan dan produk kesehatan, juga sebagai bahan parfum dan penambah/pengembang citarasa pada makanan dan minuman. Manfaat kesehatan meliputi penyembuhan penyakit tertentu, menstabilkan sistem syaraf, menimbulkan rasa senang dan tenang, meningkatkan nafsu makan, dst. Bahan aktif yang berperan terutama senyawa limonen yang dikandung minyak atsiri kulit jeruk. Limonen berfungsi melancarkan peredaran darah, meredakan radang tenggorokan dan batuk, dan bahkan bisa menghambaat pertumbuhan sel kanker.

Selain limonen, minyak atsiri kulit jeruk juga mengandung lonalol, linalil dan terpinol yang berfungsi sebagai penenang (sedative). Ada pula senyawa sitronela yang berfungsi sebagai penenang dan dapat digunakan sebagai pengusir nyamuk.

Kandungan senyawa-senyawa aktif dalam minyak atsiri kulit jeruk berbeda-beda antara satu dengan lain varietas. Dengan catatan bahwa yang paling dominan pada semua varietas ialah senyawa limonen. Kandungannya dalam minyak atsiri kulit jeruk sekitar 70-92%.

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: