Ersyaputry's Blog

13/02/2010

Manfaat Telur untuk Kecantikan

Filed under: BerIta Na ErSya — ersyaputry @ 5:08 am

Kuning telur mengandung albumin yang berefek mengeringkan kulit juga membuat lapisan yang memperkuat pori-pori. Oleh karena itu, telur cocok untuk mereka yang dengan kulit berminyak dan berpori-pori lebar. Kuning telur mampu membuat pengelupasan pada kulit.

TAMPIL cantik, kulit mulus, dan awet muda menjadi dambaan hampir setiap perempuan. Berbagai cara ditempuh untuk mendapatkan apa yang diinginkan itu, yang tradisional maupun modern. Kalau isi saku tegolong tebal, cara yang supercanggih pun ditempuh, asal wajah kinclong.

Sebenarnya, hal terpenting dari kecantikan kulit tubuh (tak hanya kulit muka) ada pada makanan yang kita konsumsi. Pasalnya, definisi kulit cantik adalah kulit yang sehat, kencang dengan kelembaban dan kekenyalan yang baik serta berfungsi dengan normal. Makanan dengan gizi seimbang mampu membuat kulit sehat.

” Untuk menjaga kesehatan kulit perlu dilakukan upaya yang baik. Selain anjuran umum, yaitu makanan dengan gizi seimbang, yang perlu diperhatikan juga makanan yang spesifik seperti vitamin dan suplemen untuk membantu pemeliharaan kesehatan kulit,” ujar pimpinan Skin Beauty Centre Santosa Bandung International Hospital (SBIH), dr. Reni Wiyakti Nanda Dewi, Sp.K.K., dalam seminar “Smart Egg, Cerdas dan Cantik Alami dengan Telur”, di Bandung, beberapa waktu lalu.

Penuaan kulit

Kulit memang tak akan selamanya kencang, karena seiring dengan bertambahnya usia, kulit akan mengendur karena elastisitasnya berkurang. Namun proses tersebut bisa jadi lebih cepat akibat lingkungan yang kurang baik. “Apalagi jika seseorang tidak melakukan perawatan kulit secara baik serta tidak mengonsumsi makanan, suplemen dan vitamin yang memberikan dampak positif pada kulit,” ungkap perempuan yang akrab dipanggil Nanda ini.

Paparan sinar matahari dan zat-zat lain terhadap kulit akan merusak sel-sel kulit. Untuk menetralisasinya diperlukan antioksidan. Oleh karena itu, kita perlu mengonsumsi makanan yang mengandung antioksidan. Antioksidan akan melindungi sel-sel kulit dan memperlambat proses penuaan kulit. “Zat gizi yang bersifat sebagai antioksidan antara lain vitamin A, C dan vitamin E, ” katanya. Ia mencontohkan jika kulit kekurangan vitamin A ia akan kering dan terasa gatal-gatal, bahkan kehilangan elastisitasnya.

Vitamin B pun terbukti dapat menghilangkan kekeringan dan bercak pada kulit. Vitamin ini ditemukan pada nasi, roti, ikan dan telur.

Makanan yang mengandung asam lemak esensial pun sama pentingnya untuk memperbaiki kualitas kulit. Asam lemak esensial memperbaiki kualitas, kulit, kuku dan rambut. Sel-sel kulit membutuhkan persediaan asam lemak esensial yang teratur untuk mempertahankan keremajaannya,” papar Nanda.

Tanpa asam lemak esensial sel kulit akan kehilangan kemampuannya untuk menahan keberadaan air dan zat gizi dalam kulit.

Satu lagi yang dibutuhkan oleh kulit adalah zinc (seng). Zinc merupakan mikronutrien penting bagi penyembuhan kulit dan berefek mencegah jerawat karena mengatur aktivitas kelenjar minyak. Mikronutrien ini juga meningkatkan kerja sistem kekebalan serta berefek sebagai antioksidan. Sama halnya dengan zinc, vitamin C bisa melawan kerusakan akibat paparan sinar matahari, infeksi kulit dan penyembuhan luka.

Telur dan kecantikan

Telur bagi para ibu tak hanya sebagai “penyelamat” saat di rumah tak ada lauk pauk untuk makan. Lebih dari itu, telur yang kaya akan kandungan gizi pun berperan penting dalam kecantikan kulit. Kecuali vitamin C, semua vitamin ada dalam telur.

“Telur mengandung banyak vitamin B kompleks, vitamin A dan vitamin E, demikian juga dengan mineral. Kandungan asam lemaknya, sekitar 17% adalah asam lemak esensial, 44% asam lemak monounsaturated dan 32% asam lemak jenuh,” tutur Nanda.

Guna memelihara kecantikan kulit, telur biasa dikenakan langsung pada kulit atau topikal berupamasker.

Kuning telur mengandung albumin yang berefek mengeringkan kulit juga membuat lapisan yang memperkuat pori-pori. Oleh karena itu, telur cocok untuk mereka yang dengan kulit berminyak dan berpori-pori lebar. Kuning telur mampu membuat pengelupasan pada kulit.

Putih telur bekerja hampir serupa, menyempitkan pori-pori dan menguatkan kulit.

Satu yang mesti diingat dalam menggunakan telur, pilihlah telur yang berkualitas tinggi.

Kulit hingga rambut

Telur tak hanya berguna untuk kecantikan kulit, tapi dipercaya pula untuk memelihara keindahan rambut. Beberapa cara mengolah telur untuk merawat kecantikan bagian-bagian tubuh kita sbb:

– Masker penguat kulit

Campurkan 1 butir telur dengan 1 sendok makan madu dan 1 sendok makan virgin olive oil. Setelah tercampur oleskan ke seluruh wajah (kecuali bagian mata dan sekitar mulut). Biarkan hingga kering, 15 sampai dengan 20 menit. Cuci muka dengan air hangat, lalu basuh lagi dengan air dingin. Telur akan menyempitkan pori-pori dan menguatkan kulit. Madu melembutkan dan melembabkan kulit, juga mampu mengobati jerawat dan membersihkan kulit.

-Masker peremajaan

Blender empat sendok makan buncis dan sebuah pisang hingga menjadi pasta. Kocok satu butir telur lalu campurkan dengan campuran pisang. Oleskan pada muka dan leher, biarkan selama 15 menit. Cuci muka dengan air hangat. Resep ini berguna untuk meremajakan dan melembutkan kulit serta menguatkan pori-pori.

-Masker jerawat

Buatlah masker oatmeal (havermut) dan putih telur. Caranya kocok sebutir putih telur sampai menjadi busa, tambahkan tepung havermut, aduk hingga menjadi pasta. Oleskan ke muka yang telah dibersihkan. Biarkan masker kering lalu cucilah dengan air hangat, lalu guyur dengan air dingin.

-Kondisioner

Kondisioner dari telur ini bermanfaat untuk rambut berminyak. Caranya, kocok 1 butir kuning telur, tambahkan satu sendok makan olive oil lalu aduk kembali. Kemudian tambahkan satu mangkuk air. Keramaskan pada rambut, bilas dengan air dingin, Pemakaian masker cukup dua minggu sekali.

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: