Ersyaputry's Blog

06/02/2010

Apa yang harus dilakukan terhadap anak yang cerdas dan berbakat????

Filed under: Tes IQ Dan Panduan Untuk IQ yang SmaRT — ersyaputry @ 1:12 am

Pada umumnya, orang tua yang menguji anak -anaknya akan mendapati bahwa IQ anak – anak mereka berada pada tingkatan rata – rata. Namun, bukan berarti bahwa semua anak akan berada pada tingkatan tersebut.

beberapa orang tua bahkan menemukan hasil yang menunjukan bahwa anaknya ternyata memiliki IQ yang sangat tinggi atau anaknya berbakat. hal ini merupakan suatu kebanggaan bagi orang tua di satu pihak dan dipihak lain menurut tanggung jawab yang besar dari orang tuanya.

barangkali ada orang tua yang bertanya tentang pemakaian istilah ” anak berbakat” ( gifted children ). Kata ini diambil dengan menyisikan kata pintar atau mampu karna yang dimaksudkan untuk suatu pengertian yang lebih lebih luas sekaligus anak – anak. jadi, termasuk anak – anak dengan potensi lain bukan hanya berhubungan dengan intelegensi.

Arti ” berbakat ” tidaklah termasuk semua bakat atau kemampuan luar biasa. bakat dalam kemampuan atletik, tidaklah termasuk dalam istilah ini. bebrapa badan yang menangani masalah definisi anak yang luar biasa ini masih memunculkan perbedaan antara satu dan yang lainnya. istilah tepat untuk anak yang berbakat ini harus diperjelas agar tidak membingungkan.

pada dasarnya, bakat anak yang dikaruniakan kepada seseorang anak menjadi tiga :
1. bakat yang berhubungan dengan keterampilan yang bekerja bersama – sama sebagai suatu kesatuan, misalnya dalam cabang olah raga atau kepandaian teknik.
2. bakat yang berhubungan dengan dorongan untuk berkreasi, melukis, menggambar, menciptakan musik dan lain – lain.
3. bakat yang berhubungan dengan fungsi intelektual, seperti kemapuan berfikir, menalar, melihat satu hubungan dengan hubungan yang lain, menarik kesimpulan, dan menggolongkan informasi yang benar.

suatu percobaan membuktikan bahwa ada beberapa hubungan antara macam – macam kemampuan tersebut, tetapi hubnungan ini sangat sukar ditentukan karena kemampuan syaraf dan kemampuan seni mempunyai metode khusus untuk mengukurnya. Selain itu, perkembangan syaraf motoris terjadi sangat awal dalam kehidupan.

Ada kecenderungan untuk menerima kriteria yang dibuat oleh Terman dari hasil penyelidikan tentantang anak – anak berbakat di california. Metode ini menyebutkan bahwa jenius atau berbakat berada pada tingkatan IQ 140 poin. Dengan kata lain, kurang lebih ada 4 anak dalam setiap 1.000 anak termasuk kelompok ini.

Iklan

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: